Harga Kubah Masjid Panel

Harga Kubah Masjid Panel


Kubah Masjid Panel. Setiap bangunan masjid, atau rumah Allah ini pasti memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Baik dari segi warna, arsitektur maupun seni kaligrafi dinding, tidak ubahnya dengan bentuk kubah yang dimiliki oleh masjid tersebut. Pesona keindahan dan kemegahan akan terpancar dari sebuah bangunan masjid yang di lengkapi dengan kubah. Kubah juga sebenarnya sebagai ornamen penting masjid untuk menunjukan atau sebagai petanda arah kiblat dan akan menerangi bagian di dalam interior masjid, inilah mengapa dari luar kubah tidak hanya menyajikan kesan indah dan megah saja.

Arsitektur Kubah Masjid Panel

Walaupun sebenarnya hampir di semua kebudayaan telah mengenal dan memiliki bangunan kubah tersendiri. Bentuk dan perkembangan bangunan kubah akan tetap berubah dari waktu ke waktu. Bangunan kubah memang tidak berakar dan berasal dari sejarah arsitektur kejayaan islam. Benteng kubah dan struktur kubah pada zaman dahulu masih sederhana dan tidak terlalu besar. Sedangkan menurut sejarah islam, kubah sudah mulai di gunakan pada masjid Umar yang berada di Yerussalem, ini merupakan pengetahuan kubah di islam secara arkeologis dan historis. Kubah batu ini atau kubah yang di gunakan pada masjid Umar telah di bangun pada tahun 685 M.
Interior daei kubah batu tersebut di hiasi dengan tanaman rambatan, hiasan yang berbentuk geometris dan ornamen kaligrafi. Pada abat ke 7 M unsur dari hiasan telah menjadi salah satu ciri khas dari arsitektur islam. Bahkan hingga saat ini, hiasan interior yang sangat populer dan sering di pakai adalah seni kaligrafi. Hingga beragam jenis gaya kubah masjid akan terus berkembang semenjak saat itu. Kubah bahkan menjadi salah satu lambang dari arsitektur masyaraat islam dan Mesir di Kairo pada abad ke 12 M.

Kubah Masjid Panel dan Pemasangannya

Kubah galvalum antikarat merupakan sebutan lain dari istilah kubah masjid panel yang kita kenal selama ini. Bahkan Kubah masjid panel juga memiliki beberapa sebutan lain yaitu : kubah masjid kotak-kotak, kubah masjid warna warni dan kubah masjid ornamen. Kubah masjid panel saat ini diminati karena berbentuk kubah masjid modern dengan berbagai perpaduan warna dan motif. Sedangkan untuk pemasangan dari kubah masjid panel, tentunya memerlukan beberapa peralatan seperti :
  • Peralatan panjat, selang timbang, screw driver, sekrup SDS, meteran, bor tangan dan water pass.
Untuk mendapatkan keindahan dan daya seni yang memancarkan ciri khas dari kubah masjid panel, maka di butuhkan cara pemasangan kubah yang rapi dan terstuktur. Walaupun tidak memerlukan beberapa teknik khusus, namun cara pemasangan kubah panel secara umum adalah sebagai berikut :
  1. Anda akan menyaksikan bahwa biasanya para tukang akan memulai memasang kubah panel dai bagian paling bawah terlebih dahulu, bagian-bagian bawah tersebut di susun rapi satu persatu secara beraturan sesuai dengan warna dan motif yang telah di sepakati dan di rencanakan.
  2. Agar air hujan tidak mudah masuk, maka pemasangan dari kubah panel harus overlapping dengan panel yang berada diatasnya.
  3. Biasanya akan membutuhkan sekrup SDS yang memakai midel kepala tapping yang digunakan pada besi hollow rangka kedua atap.
  4. Agar panel tersebut tidak naik kesamping/ tidak menurun atau tetap sejajar, maka sertiap pemasangan panel yang naik setiap levelnya disamakan dengan ketinggian dari selang timbang di panel deretan terbawah.
  5. Setiap pemasangan beberaa tipe atau deret panel keatas maja harus di lakukan pengecekan ulang.
  6. Untuk pemasangan pada daerah atas panel kubah ini, maka harus di lakukan dengan memakai bantuan alat panjat tebing sepertu : carabiner, tali panjat, descender, ascender dan body harness. Dimana tali pengaman akan di ikatkan pada body harness atau ujung kubah yang akan di gunakan oleh pekerja.

Keunggulan Kubah Panel

Walaupun kubah merupakan salah satu bangunan yang menjadi ciri khas dari sebuah masjid. Namun, sebuah masjid sebenarnya tidak selalu di haruskan menggunakan bangunan kubah. Bahkan kubah juga menjadi sebuah acuan ketika seseoang hendak mencari sebuah masjid di sekitar lingkungannya. Karena masjid yang menggunakan kubah akan lebih terlihat indah sekaligus megah. Selain bangunan yang memperindah masjid, kubah juga menjadi sebuah reflektor cahaya yang akan berfungsi sebagai penerangan di bagian dalam masjid dan juga menjadi salah satu penanda dari arah kiblat di masjid.
Sedangkan untuk jenis bangunan kubah yang saat ini sedang populer adalah kubah jenis planel dan berbagai jenis kubah modern lainnya. Kepopuleran kubah masjid panel ini dikarenakan motif dan bentuk dari belah ketupat dan bentuk kotak yang nantinya akan menyususn bagian kubahnya. Bahkan kubah panel juga menyajikan beragam motif dan warna yang akan mempercantik tampilan bangunan kubah tersebut.
Bahan dasar penyusun dari bagian kubah masjid planel terbagi 2 jenis yaitu : lapisan enamel yang di lapisi pada jenis plat baja low carbon yang akan lebih di kenal dengan sebutan enamel atau sering juga di namai dengan kubah enamel dan plat galvalum atau bisa juga di namai dengan plat zincalume. Galvalume atau plat zincalume adalah jenis dari logam campuran antara aluminium dan seng yang lebih ringan dan tentunya akan tahan terhadap karat. Sedangkan jenis plat enamel adalah plat yang terbuat dari bahan perpaduan silicia atau kaca yang telah di leburkan dalam sebuah oven di atas lempengan besi yang memiliki mutu bagus yang nantinya akan mengeras dan menyatu. Adanya kecerahan dan ketajaman warna merupakan kelebihan dari kubah panel dan akan tahan hingga puluhan tahun lamanya. Berikut beberapa kelebihan lain dari kubah masjid panel dari yang lainnya :
  1. Kubah akan terasa lebih ringan, hingga tidak memerlukan pondasi yang besar dan kuat dalam proses pemasangan.
  2. Resiko terjadinya kerusakan bangunan kubah panel akibat adanyanya bencana alam akan lebih kecil.
  3. Dibandingkan dengan jenis kubah lain, maka kubah panel memiliki resiko yang lebih kecil untuk mengalami kebocoran.
  4. Perpaduan warna yang variatif dan tajam juga di dasari dengan pemakaian dari kubah yang tahan lama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Kubah Masjid Putar